BERITA Desa Sirkandi

KEGIATAN SURAN DESA SIRKANDI

Pada hari Jum’at, 27 Agustus 2021 di Dusun Beji Desa Sirkandi Kec. Purwareja Klampok Kab. Banjarnegara telah dilaksanakan kegiatan¬†“SURAN” / SEDEKAH BUMI.

Pada era sekarang serba digital masyarakat Desa Sirkandi masih mempertahankan adat istiadat yang dilakukan secara turun temurun oleh para sesepuh dan pendahulu. Rasa syukur kepada sang pencipta, silaturahim, hormat terhadap leluhur serta rasa kebersamaan masyarakat Desa Sirkandi yang menjadikan tetap lestarinya kegiatan SURAN/SEDEKAH BUMI.

Apa itu SURAN? Kegiatan SURAN/SEDEKAH BUMI dilaksanakan setiap tahun pada bulan Muharam atau masyarakat Desa Sirkandi biasa menyebutnya bulan SURA. Berawal dari penyebutan tersebut maka kegiatan SEDEKAH BUMI di Desa Sirkandi disebut dengan SURAN. Bentuk Kegiatan SURAN yaitu masyarakat membuat nasi GOLONG dengan lauk : INGKUNG, GODHOGAN, SERUNDENG, KUMBU, OREG, mie, dan peyek kacang, setelah semua siap kemudian dimasukan kedalam TENONG lalu dibawa kejalan atau perempatan tempat berkumpul masyarakat dan dimulai acaray dengan tausiah, doa bersama, serta kesenian lokal.

APA MAKNA MAKANAN DAN ALAT DALAM KEGIATAN SURAN?

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.